Hak-Hak Konsumen

Judul : Hak-Hak Konsumen

Pengarang : DR.Abdul Halim Barkatullah,S.Ag,SH,M.Hum

Harga : Rp 35.000,00

Penerbit : Nusa Media

RINGKASAN :

Pasar yang semakin mengglobal dan cara transaksi yang semakin berkembang, berdampak pada perubahan konstruksi hukum dalam hubungan antar pelaku usaha dan konsumen. Perubahan konstruksi hukum diawali dengan perubahan paradigma hubungan antara konsumen dan pelaku usaha, yaitu hubungan yang semula dibangun atas prinsip caveat emptor berubah menjadi prinsip caveat venditor. Suatu prinsip hubungan yang semula menekankan pada kesadaran konsumen itu sendiri untuk melindungi dirinya berubah menjadi kesadaran pelaku usaha untuk melindungi konsumen.

Buku ini membahas tema-tema penting terkait masalah konsumen dan dunia niaga di era globalisasi ;

  • Pengertian konsumen,
  • Sejarah gerakan perlindungan konsumen,
  • Dasar PErlindungan Konsumen,
  • Hukum PErlindungan Konsumen di Indonesia,
  • Hak dan Kewajiban Konsumen.

Buku ini juga membahas tentang sengketa , penyelesaian sengketa dan sanksi terhadap pelanggaran UUPK, baik sanksi administratif, sanksi pidana pokok dan sanksi pidana tambahan, dilanjutkan dengan pembahasan tentang sengketa konsumen, penyelesaian sengketa konsumen dan proses beracara tentang small claim, class action dan legal standing.

About these ads

Ditandai:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.131 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: