Strategi Belajar Mengajar

Judul : Strategi Belajar Mengajar 

Penulis : Drs.Darwyan Syah,M.Pd

Harga : Rp 36.500,00

Penerbit : Diadit Media 

KATA PENGANTAR 

Pembelajaran yang baik dan efektif adalah pembelajaran yang aktif, interaktif, kreatif, edukatif dan menyenangkan. Untuk terjadinya hal tersebut dibutuhkan pemilihan strategi pembejaran yang tepat. Strategi pembelajaran mengandungi rentetan aktiviti yang dapat dijadikan pedoman (petunjuk umum) agar kompetensi sebagai tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Strategi pembelajaran juga mengandungi siapa melakukan apa dan menggunakan alat apa dalam proses pembelajaran, bagaimana melaksanakan tugas pembelajaran, serta dimana kegiatan pembelajaran berlangsung.

Dalam memilih strategi pembelajaran perlu mempertimbangkan kompetensi yang ingin dicapai, siswa, guru sendiri serta daya dukung lainnya. Berbagai strategi dapat digunakan dan dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Mulai dari expository, penerimaan (reception learning), pembelajaran penemuan (discovery learning), pembelajaran penguasaan (mastery learning) dan pembelajaran terpadu (unit leraning), pembelajaran kerja kelompok kecil (small-group work), sampai pada akhirnya pembelajaran cooperative learning.

Dengan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan keberjayaan guru dalam pengurusan kelas dan dapat menyediakan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar pelajar dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual agar setiap pelajar di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga segera dapat tercapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dan guru akan lebih berperan sebagai motivator, fasilitator pembelajaran serta mediator pembelajaran antara siswa dengan sumber belajar.

Untuk dapat meningkatkan kualiti penggunaan strategi pembelajaran dibutuhkan penambahan wawasan di kalangan guru dan calon guru melalui sarana literatur atau buku-buku yang terkait.  Namun disadari bahwa tidak ada buku yang lengkap sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, oleh karena itu saya sangat menyambut dengan suka cita upaya Supardi dan Darwyan Syah yang telah berhasill menyelesaikan peulisan buku ini. Semoga buku ini membawa manfaat kepada pelajar, guru dan praktik pendidikan sebagai salah satu rujukan dan menambah wawasan dalam berpikir dan praktek strategi pembelajaran.

Prof. Dr. Shahril @ Charil  Bin Marzuki

Pengarah Institut Kepengetuaan

Education Faculty University of Malaya Kuala Lumpur

Ditandai:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.133 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: